Vaksinasi Lindungi Anak dari Berbagai Penyakit

 

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Badriul Hegar mengatakan, angka infeksi pada bayi dan anak-anak usia di bawah lima tahun di Indonesia relatif tinggi. Bahkan, beberapa penyakit infeksi seperti diare dan pneumonia bisa menyebabkan kematian anak.

 

Karena itu, menurut Hegar, imunisasi perlu diberikan kepada anak-anak untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit. Hegar menjelaskan, imunisasi bisa mencegah beberapa penyakit infeksi penyebab kematian dan kecacatan, dan penyebaran infeksi.

 

Program imunisasi telah dilakukan sejak lama di hampir seluruh negara di dunia dengan pola pemberian dan jadwal imunisasi disesuaikan dengan pola epidemiologi penyakit serta pembiayaan program setiap negara.

 

Saat ini di Indonesia ada lima imunisasi yang wajib diberikan sesuai program imunisasi pemerintah, yaitu polio, BCG, hepatitis B, DPT dan campak. Adapun jenis imunisasi yang dianjurkan untuk bayi dan balita meliputi MMR, Hib, tifoid, hepatitis A, varisela, dan pneumokokus.

 

Ketua Satuan Tugas Imunisasi IDAI dr Sri Rezeki SpA menambahkan, orang tua tidak perlu khawatir terhadap efek samping imunisasi. Sebab, imunisasi diperuntukan agar anak terhindar dari penularan penyakit berbahaya. "Imunisasi merupakan investasi bagi masa depan anak," ujar Sri.

 

Selain mencegah penyakit, vaksin juga penting untuk mencegah penularan penyakit dari bayi ke orang lain. Sehingga terjadi penurunan angka kejadian penyakit dan kelak menghilangkan penyakit tersebut.

 

Sumber: Rakyat Merdeka 10 Oktober 2010