Recommend this Page to a Friend                                                            
Influenza

 

Penyakit influenza disebabkan virus influenza. Influenza mudah menular dan menyerang saluran pernapasan. Penularan virus influenza terjadi melalui udara pada saat berbicara, batuk dan bersin. Virus influenza sangat menular bahkan sejak 1–2 hari sebelum gejala influenza muncul, itulah sebabnya penyebaran virus influenza sulit dihentikan.

 

Berlawanan dengan pendapat umum, influenza bukan batuk–pilek biasa yang tidak berbahaya. Gejala utama influenza adalah: demam, sakit kepala, sakit otot di seluruh badan, pilek, sakit tenggorokan, batuk dan badan lemah. Umumnya penderita influenza tidak dapat bekerja/bersekolah selama beberapa hari.

 

Di negara empat musim, setiap tahun pada musim dingin terjadi ledakan influenza yang banyak menimbulkan komplikasi dan kematian pada orang-orang beresiko tinggi:

  • Usia lanjut (>60 tahun)
  • Anak–anak penderita asma
  • Penderita penyakit kronis (paru, jantung, ginjal, diabetes)
  • Penderita gangguan sistem kekebalan tubuh

Di negara-negara tropis seperti Indonesia, influenza terjadi sepanjang tahun. Setiap tahun influenza menyebabkan ribuan orang meninggal di seluruh dunia. Biaya pengobatan, biaya penanganan komplikasi, dan kerugian akibat hilangnya hari kerja (absen dari sekolah dan tempat kerja) sangat tinggi.

 

Berbeda dengan batuk pilek biasa, influenza dapat mengakibatkan komplikasi berat. Virus influenza menyebabkan kerusakan sel-sel selaput lendir saluran pernapasan sehingga penderita influenza sangat mudah terserang kuman lain, seperti pneumokokus, yang menyebabkan radang paru (pneumonia) yang berbahaya. Selain itu, apabila penderita influenza sudah mempunyai penyakit kronis lain sebelumnya (penyakit jantung, paru-paru, ginjal, diabetes dll), penyakit-penyakit itu dapat menjadi lebih berat akibat influenza.

 

Setiap orang dapat terserang influenza tanpa membedakan usia dan tingkat sosial. Cara mencegah agar kita tidak terserang penyakit influenza adalah dengan memelihara gaya hidup sehat, yakni dengan makanan sehat dan berolah raga teratur serta istirahat cukup. Cara lain adalah vaksinasi influenza. Vaksinasi influenza paling efektif dan aman dan dapat memberikan perlindungan selama satu tahun terhadap serangan penyakit influenza.

 

Bagi umat Islam yang akan menunaikan ibadah haji, baik haji umroh maupun haji biasa, sebaiknya mendapat imunisasi influenza. Bila jamaah terjangkit penyakit influenza, maka pelaksanaan ibadah hajinya tentu akan terhambat. Dengan melakukan imunisasi (pencegahan), kiranya lebih mudah daripada bila jamaah haji sudah terkena penyakit influenza ini.

 

Gejala

 

Gejala influenza dapat berupa:

  • Demam mendadak disertai menggigil
  • Sakit kepala
  • Badan lemah
  • Nyeri otot dan sendi

Gejala influenza bertahan selama 3–7 hari. Bila influenza bertambah berat, gejala tersebut di atas akan berganti dengan gejala penyakit saluran pernafasan seperti batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Kadang-kadang juga disertai gejala sakit perut, mual dan muntah. Pada pemeriksaan fisik: muka kemerahan, mata kemerahan dan berair serta kelenjar getah bening leher dapat teraba.

 

Komplikasi

 

Komplikasi penyakit influenza yang ditakutkan adalah timbulnya infeksi sekunder, seperti: radang paru-paru (pneumonia), myositis, sindroma Reye, gangguan syaraf pusat. Di samping itu, penderita/pengidap penyakit kronis dapat bertambah berat bila terkena penyakit influenza. Beberapa penyakit kronis tersebut, seperti asma, paru–paru kronis, jantung, kencing manis, ginjal kronis, gangguan status imunitas tubuh, kelainan darah dll.